Senin, 09 Januari 2017

BEHIND THE SCENE PEMBUATAN RISET ONLINE SHOP




Riset...yaa Riset, ini bukan riset ala Professor atau Magistor atau Sarjanor...ini riset ala mahasiwors
Riset ini dilakukan dalam ampuan mata kuliah Aplikasi Keuangan Negara di kampus saya PKN STAN
ohya... sebelumnya maaf saya sudah tidak lama ngeblog
Riset ini berkaitan dengan fenomena saat ini yang sedang marak dalam kurun waktu 3 tahunan ini..yap
apalagi kalau bukan ONLINE SHOP

Nah, awalnya pembuatan riset ini melalui pembagian kelompok di kelas dengan anggota 3 per kelompok
Ide ini berawal dari simplenya pemikiran untuk mengerjakan secepat mungkin dan tidak membuat repot topiknya. Saya di kelompok ya sebagai koordinator pembuatan kuesioner dan pembuatan makalah.
Anggota kami terdiri dari Faisal Nurghani, Evan Bahtera M, dan Jamaluddin Salim (foto dari atas ke bawah)


 
 
Nah kali ini saya akan cerita sedikit tentang gimana sih pembuatan riset yang jauh dari kata sempurna alias ala kadarnya ini.

RAPAT PERTAMA
Sebelum UTS
Coba saya ingat-ingat dulu hmmm
hari pertama kami mengumpulkan semua ide tentang apa saja yang ingin kita masukkan dalam kuesioner, dan ternyata kami mendapat banyak gambaran dari browsing. Dari berbagai sumber yang nantinya masuk dalam Daftar Pustaka dalam riset.

RAPAT KEDUA
Saya plotting tuh semua pertanyaan, lalu masukkan ke word dan menyuruh Jamal untuk mengunggah ke google form agar siap diisi oleh para yang mau ngisi kuesioner kami hahahaha

RAPAT KETIGA
Setelah terkumpul sekitar saya lupa karena sudah lama, mungkin 50-70 responden yang mengisi kuesioner.
Lalu kami membuat isi dari riset, mulai dari cover haha, daftar isi judul daftar isi doang karena belum ngisi materi haha , abstrak, latar belakang, metode penelitian, kajian literatur, pembahasan, simpulan dan saran, serta daftar pustaka.

Pembuatannya juga tidak terlalu lama, saya sendiri di bagian saya hanya butuh 4 jam dari total waktu. Saya mengerjakan mulai pukul 01.00 dini hari sampai 05.00 pagi WIB. Mungkin saya butuh waktu tenang dan inspirasi kala itu.

Tugas riset selesai lalu dikumpulkan ke dosen lewat email

ZZZZZZZZZZZ.......JEDA beberapa hari riset dibahas di kelas dan kami memunyai beberapa koreksi antara lain :
1. kurang detail judulnya
2. kurang kajian literatur
3. kurang 1 pertanyaan dari dosen
Nah, poin ketiga lah yang membuat saya sedikit keringetan, berarti kelompok kami harus menambahkan pertanyaan tersebut dan mengulang menyebarkan kuesioner tersebut.

Dalam hal ini kami agak lama dalam pengumpulan responden, namun memperoleh responden yang jumlahnya 2 kali lipat dari sebelumnya yaitu sekitar 150an responden.

RAPAT KEEMPAT
Setelah UTS
kami rapat di sebuah warkop dekat kosan teman yang harganya murah banget, Rp 10.000,00 sudah mendapatkan mie dobel dan telur murah kan dasar anak kos

di rapat ini kami cuma saling bertukar data survei yang telah kami jalankan selama kurang lebih  2 minggu

Malamnya saya kebut tuh data, dan VOILA!!! cukup 2 jam selesai riset kami

PENGUMPULAN FINISHING
Rapat keempat adalah rapat terakhir kami, selanjutnya kami hanya via chat WA
Pengmpulan kedua ke email dosen dibalas dengan lega, kami hanya kurang studi pustaka dan harus mencari setidaknya 2 riset dari luar negeri

Setelah ini, kami bagi tugas, evan dan jamal mencari risetnya saya yang olah data

Lalu, pengumpulan terakhir kalau tidak salah 20 desember kemarin, saya kumpulkan hasil akhir riset dan konfirmasi lewat WA dosen terkait. Akhirnya Alhamdulillah selesai

POIN TERAKHIR
kesulitan apa ya yang saya alami dengan kelompok, haha sepertinya tidak ada, karena saya sebelumnya saya sudah berniat sesuai arahan dosen kalau dalam kampus kita harus menghasilkan sesuatu yaa ini...riset kami
Lagipula saya sudah semester 5, ini adalah tahun terakhir sebagai mahasiswa D3 semoga kami se-angkatan Kebendaharaan Negara 2014 lulus dan lolos TKD semua, aamiin

HAMBATAN :
-sulitnya memperoleh responden banyak dalam waktu cepat
-timming rapat kelompok yang bentrok dengan rapat lain

TANTANGAN :
-bagaimana caranya agar kuesiner kita bisa menarik dan mudah dipahami oleh responden 
-membuat riset yang up to date dan enak dibaca berdasarkan fakta di lapangan

sepertinya itu saja hambatan dan tantangan dari kelompok kami, karena topik yang dibahas tidak berat dan cukup relevan dengan keadaan saat ini. Terima kasih

TAMBAHAN

 
Silahkan unduh disini : RISET OLSHOP



0 komentar:

Posting Komentar